Minggu, 03 April 2011

Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok



No SmokingSemua orang pasti tahu bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan, karena dapat merusak si perokok dan orang disekitarnya. Banyak pesan-pesan yang mengingatkan dampak negatif yang bahkan disampaikan lewat bungkus rokok itu sendiri. Misalnya dapat menyebabkan kanker, impotensi dan bagi ibu hamil dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin.






Namun, walau begitu banyak kampanye anti rokok dan pastinya para perokok itu sendiri juga sadar akan bahayanya, tapi mereka tetap saja tidak bisa menghilangkan kebiasaan merokok ini. Salah satu penyebabnya, karena rokok memang memiliki efek nyandu, sehingga berhenti merokok menjadi satu hal yang teramat sulit dilakukan.

Nah, jika keinginan Anda untuk berhenti merokok sudah sedemikian kuat, tapi masih bingung memilih dari mana harus memulainya dan apa yang harus dikerjakan, beberapa langkah berikut ini barangkali bisa membantu Anda.

  1. Jangan pernah bersentuhan lagi dengan benda yang bernama rokok. Singkirkan jauh-jauh semua benda yang berhubungan dengan rokok dari sekitar Anda. Misalnya bekas bungkus rokok, asbak rokok, pipa rokok atau cangklong, dan tentu saja jauhi juga para perokok. Sugestikan diri Anda bahwa merokok itu sama sekali tidak enak rasanya.
  2. Kurangi beberapa makanan atau minuman yang bisa menimbulkan keinginan untuk merokok. Misalnya makanan yang terbuat dari daging merah, makanan pedas, minuman kopi atau teh, dan minuman beralkohol. Sebagai gantinya, perbanyak minum air putih atau sari buah-buahan.
  3. Usahakan untuk meminta dukungan dari orang-orang dekat Anda. Misalnya keluarga, teman, atau teman kerja. Mintalah kepada mereka agar mengingatkan Anda jika suatu waktu Anda lupa pada niat Anda dan tanpa sadar jadi merokok. Hal itu bisa saja terjadi karena pada dasarnya merokok adalah suatu kebiasaan.
  4. Jika tidak sedang tidur, jangan pernah membiarkan diri Anda berada dalam situasi tanpa melakukan aktifitas. Keadaan seperti itu akan membuat naluri Anda untuk merokok kembali timbul tanpa disadari.
Jangan pernah mencoba menghentikan kebiasaan merokok dengan cara mengurangi jumlah batang rokok yang Anda hisap sedikit demi sedikit. Itu sama sekali tidak membantu dan membuat Anda sama sekali tidak bisa menghentikan kebiasaan merokok. Jika ingin berhenti merokok, maka berhentilah sama sekali. Putus hubungan dengan rokok!

1 komentar:

  1. Wah bagus sekali!!!! :))
    cOBA DUNKS BUKA BLOG MILIKKU!!! :D
    http://koleksikinara.blogspot.com/

    BalasHapus