Selasa, 05 April 2011

Mengapa si Kecil Gumoh?

Gumoh seringkali terjadi pada bayi berusia kurang dari enam bulan.


Gumoh disebabkan olehotot-otot yang menutup jalan je lambung belum berfungsi dengan sempurna. Sehingga, saat Si Kecil makan, udara ikut masuk bersama makanan ke dalam lambung. Ketika udara terdorong keluar, cairan atau makanan pun ikut keluar. Namun Bunda tidak perlu cemas menghadapi masalah seperti ini sebab gumoh merupakan gejala alami dan umum dialami oleh bayi.


Waspadai jika: lebih banyak cairan yang keluar (muntah). Makanan yang masuk ke lambung seharusnya menuju usus dua belas jari. Umumnya terdapat gangguan, misalnya pintu masuk ke lambung memiliki sudut yang tidak tepat, sementara tekanan dari lambung tinggi. Akibatnya bayi akan refluks (aliran balik) dari dalam lambung ke tenggorokan.

Muntah pada Si Kecil juga dapat disebabkan adanya gangguan pada pintu keluar lambung saat lambung akan mengeluarkan makanan ke usus dua belas jari. Untuk meminimalkan muntah, sendawakan Si Kecil saat pertengahan pemberian minum agar udara keluar.

Jika bayi muntah, segeralah miringkan tubuhnya atau gendong ia di bahu. Tidak perlu khawatir kondisi ini akan menetap. Kebanyakan bayi berhenti gumoh pada usia 6 bulan atau ketika ia belajar duduk, walaupun beberapa bayi masih mengalaminya hingga usia  1 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar