Senin, 28 Maret 2011

Meriahkan pesta ulang tahun bersama GarudaFood

       


Mulai Perencanaan Pesta Untuk si Kecil



          Perencanaan yang cermat tentunya menentukan hasil dari sebuah pesta. Meski pesta sederhana sekali pun namun perlu persiapan yang matang untuk membuat pesta si kecil menjadi meriah. Seperti pesta ultah Sabe anak saya yang saat ini genap 1 tahun pada tanggal 6 Mei 2011. Momen bersyukur atas kesehatan dan keberadaannya dalam keluarga kami tuangkan dalam sebuah pesta kecil di rumah. Karena memang segalanya kami persiapkan sendiri (tanpa pembantu pula)  maka hal-hal kecil memang sudah dilakukan jauh-jauh hari supaya tidak “keteteran”.

  • Tema Pesta    
          Menentukan tema pesta, setidaknya 2 bulan sebelum hari H. Jika memang yang berulangtahun belum bisa menentukannya (seperti anak saya, Sabe) maka ada beberapa pilihan untuk mengusung tokoh kartun kesukaannya seperti Sponge Bob, Princess, Barbie, Ben-10 atau tokoh kartun legendaries seperti Donal bebek, Gufi, Mickey Mouse dan sebagainya. Ambillah tokoh kartun yang sekiranya mudah dicari propertinya. Seperti goody bag, piñata, souvenir yang  bergambar sama dengan tema. Begitu pula yang mudah untuk membuat sendiri dirumah. Dalam hal ini saya pilih tokoh Sponge Bob karena mudah dibuat. Tinggal bikin kotak dan ditutul-tutul. Sampai roti tartnya pun juga sama. Ha..ha..

Pokoknya hindari tokoh atau tema yang menyeramkan. O’ya, bahkan tokoh lucu seperti badut saja banyak anak yang menangis karena merasa seram, loh. Jadi untuk memanggil badut dalam acara ultah juga perlu melihat kondisi anak Anda.

  • Membuat Undangan
          Susun rencana jauh-jauh hari dan memperkirakan berapa jumlah tamu yang bisa masuk keruangan. Mungkin bagi yang mempunyai rumah besar dan berhalaman luas tidak mempunyai masalah dalam hal tempat, namun bagi rumah saya yang kecil di perumahan padat, tentu harus dipikirkan masak-masak. Sedikit share, ya.. Karena rumah saya kecil namun kepengen juga mengundang anak-anak yang lain maka saya hanya mengundang anak-anak di sekitar saya saja. (hanya yang terdekat). Sisanya goody bag tetap dibagikan bagi mereka yang tak saya undang. Maksudnya.., bukannya tidak mau mengundang, tapi karena space rumah yang sangat kecil jadi memang tidak memungkinkan memuat semua anak di kompleks. Niatnya toh tetap bersyukur atas tumbuh kembang si kecil yang selama 1 tahun ini bisa melampauinya dengan sehat dan bahagia.
          Bila arena rumah memang tak memadai untuk mengundang semua undangan, maka ada baiknya,  bila memang yang berulangtahun masih tergolong batita (bayi dibawah tiga tahun) , sebaiknya undangan tidak lebih dari 10 orang karena jumlah yang hadir tentu lebih banyak. Biasanya mereka diantar keluarga, baby sitter, pembantu atau orang terdekat si anak untuk sekalian ikut dalam pesta.
          Pembatasan jumlah undangan juga akan mempengaruhi kesuksesan sebuah pesta karena dapat menjamin para undangan merasakan kenyamanan dan kegembiraan pesta itu sendiri. Jangan lupa untuk melihat sisa arena ruang yang akan digunakan untuk tempat arena bermain, panggung kecil atau pikirkan saat mengadakan games waktu acara berlangsung sehingga acara dapat leluasa berjalan.
     
          Untuk kartu undangan pesta anak, mengapa tak memanfaatkan fasilitas aplikasi komputer? Atau bisa juga mengunduh dari beberapa situs, biasanya ada tawaran free download atau bisa juga menambah ide segar untuk mengaplikasikannya dengan kreasi sendiri plus dikombinasikan dengan foto si kecil. Pasti hasilnya akan tampak lain dari yang lain.
 



 Kalaupun tidak memungkinkan untuk membuatnya sendiri, sekarang banyak juga undangan kosong yang desainnya beragam. Pilih yang paling sesuai tema pesta. Biasanya dijual di toko buku atau keperluan pesta.
          Jangan lupa cantumkan nomor telepon pengundang, untuk konfirmasi kehadiran ataupun menjawab pertanyaan yang mungkin dilontarkan seputar tema pesta.
          Sebar undangan 7-3 hari sebelum acara supaya para tamu bisa mempersiapkan diri.

  • Tetapkan anggaran Belanja   
          Menetapkan anggaran belanja sangat penting. Untuk itu memang dipikirkan jauh-jauh hari sambil hunting mencari souvenir, goody bag, doorprize berharga “miring” tapi tetap menarik untuk anak-anak. Yang penting jangan sampai over budget. Siapa tahu dengan banyak berjalan-jalan ke pasar tradisional atau tempat grosir kita punya bayangan “cerdas” untuk mengalokasikan dana dengan tepat dan cermat sehingga terhindar dari membeli barang yang tak perlu.
          Hindari juga paket acara yang mahal. Cari tahu dengan benar adanya charge biaya tambahan mengadakan paket Ulang tahun tersebut sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Sebagai alternative pilihan yang tepat, coba saja kunjungi  www.ultahku.com,  dengan harga terjangkau. Contohnya ada beberapa jenis paket.

Paket Ceria 1

 Detail untuk isinya yaitu:
2 Pcs LEO Keripik kentang
1 Pcs Pilus
1 Pcs Kacang Telor
1 Pcs GarudaKid
1 Pcs Gery Cokluut
1 Pcs Chocolatos
1 Pcs Gery Pasta
1 Pcs Piramid
1 Pcs Gery 'O Donut
1 Pcs Gery Salut Hazlenut
1 Pcs Gery Messes
1 Pcs Clevo
1 Pcs Okky Jelly
GRATIS Kartu Undangan , dengan harga Rp. 10.000/ paket untuk pemesanan minimal 50 buah
 Paket lengkap produk GarudaFood untuk pesta yang penuh kejutan!


Paket Ceria 2, terdiri dari:
3 Pcs LEO Keripik Kentang
1 Pcs Pilus Kapsul
1 Pcs Pilus Sapi Panggang
1 Pcs Kacang Telur
1 Pcs GarudaKid
1 Pcs Gery Wafelatos
1 Pcs Gery Messes
1 Pcs Gery Chocolatos
1 Pcs Gery Pasta
1 Pcs Gery Salut Hazlenut
1 Pcs Gery Piramid
1 Pcs Gery 'O Donut
5 Pcs Ting-ting
1 Pcs Gery Cokluut
1 Pcs Gery Chocolate
1 Pcs Clevo
1 Pcs Koko Drink
1 Pcs Jelly Drink
GRATIS Kartu Undangan + Topi
GRATIS Kartu Undangan + Topi + Balon ***
*** Minimum Order 100 Paket.
 Rp. 15.000,- / paket
Minimal Order : 50
         
          Cara Pemesanan Paket Ultah Garudafood :
  • Pemesanan dapat dilakukan selama jam kerja (Senin-Jumat, Pk. 09.00 - 17.00 WIB).
  • Pemesanan untuk Pulau Jawa minimal 2 minggu, Luar Pulau Jawa minimal 1 bulan sebelum hari ulang tahun.
  • Setiap paket ultah memiliki minimal order pemesanan, silahkan lihat detail keterangan setiap paket sebelum melakukan pemesanan.
  • Customer Service kami akan menghubungi Anda untuk konfirmasi ulang pemesanan paket Ultahku.com.
Pengiriman
  • Melayani pengiriman untuk kota-kota besar di Indonesia, diantaranya :
    • Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Denpasar
  • Selain kota-kota diatas, silahkan konfirmasi terlebih dahulu.
Sistem pembayaran CASH, dilakukan di tempat saat pengiriman
Untuk informasi selanjutnya bisa  menghubungi Customer Service Garudafood melalui :

0800 - 1 - 7289 - 77
(BEBAS PULSA)
            Dengan paket Garudafood,  maka orangtua jadi tak perlu lagi repot mencari kebutuhan untuk goody bag anak. Selain itu harganya juga sangat terjangkau, barang/makanan dan minuman yang dikemas juga dalam proses yang hygenis plus mendapatkan fasilitas kartu undangan, topi dan balon. Tunggu apa lagi? Istimewa sekali, bukan?


·        Dress Code   
          Bila akan menetapkan dress code, sesuaikan dengan tema pesta. Kalau perlu buat kostum khusus dengan melibatkan kreatifitas tamu undangan. Hal ini bisa jadi sebuah games juga. Beri anak pita warna-warni dan aneka kertas atau tinsel (semacam tali berumbai yang biasanya dililitkan ke pohon Natal). Biarkan mereka berkreasi. Bagi yang berkreasi paling lucu, bisa mendapatkan hadiah.
          Yang jelas, jangan sampai dengan adanya dress-code membuat para undangan (dalam hal ini orangtua mereka) merasa kerepotan.
  •           Permainan
          Hadiah merupakan salah satu stimulasi bagi anak untuk berani mengunjukkan kebolehannya. Oleh karena itu ada baiknya jika pada sebuah pesta, orangtua juga menyediakan berbagai hadiah bagi mereka. Tentu hadiah tak harus berharga mahal. Bisa saja berupa dompet kecil, kotak makanan, aneka permen, buku, pensil warna yang semuanya dikemas menarik supaya mereka pun berlomba tampil semenarik mungkin dan acara pun akan terasa lebih “hidup”. Berikut mungkin beberapa permainan yang bisa disuguhkan :
1.       Menyanyi pada acara ulang tahun adalah hal yang selalu dilakukan. Setelah menyanyikan lagu bersama-sama, ada baiknya membuka kesempatan bagi para tamu si kecil untuk berpartisipasi menyumbangkan lagu. Mereka yang berani unjuk kebolehan bisa diberi hadiah.
2.     Acara menari atau berjoget di atas kertas Koran yang makin lama dilipat makin kecil. Penari yang bertahan adalah yang memenangkan hadiah
3.     Main tebak-tebakan berhadiah. Bisa menebak hal yang berkaitan dengan si kecil misalnya, menebak nama lengkap atau kesukaannya.
4.  Pecah balon. Siapa yang paling cepat memecahkan balon, bisa diduduki atau dua orang memecahkannya dengan saling memunggungi (balon berada di tengah). Siapa cepat itu juaranya. 


  • Hidangan & Kue Ulang Tahun   
    
          Berbagai bentuk kue ulang tahun bisa dilakukan pemesanan jauh-jauh hari sesuai dengan selera dan sesuai keinginan. Bila memungkinkan, buat sendiri kue ulang tahun anak anda (lihat juga bagian recipe di blok ini). Kue ulang tahun berbentuk cup-cakes yang disusun bertingkat juga boleh jadi pilihan. Yang jelas pilih kepraktisannya. Bisa dibagikan langsung kepada para tamu.     Hidangan lain untuk pesta anak, pilih menu yang sederhana dan mudah dimakan, seperti cup cake, mi goreng, siomay, pudding, sosis, nugget atau pangsit goreng.
          Buatlah daftar belanja jauh-jauh hari, paling tidak seminggu sebelum hari H supaya ketika waktunya sudah dekat, tak ada yang terlupa dan Anda pun siap menyambut ultah si kecil dengan perencanaan yang matang. 
  •           Waktu Acara
          Sebaiknya atur waktu pesta sesuai dengan rutinitas mayoritas anak yang diundang. Bisa pagi hari sekitar pukul 11.00 karena biasanya anak masih cukup segar sekaligus mendekati waktu makan siang. Bisa juga diadakan sore hari pukul 16.00 setelah anak tidur siang dan waktunya bermain di sore hari. Pilih hari libur (Sabtu atau Minggu) agar anggota keluarga bisa berkumpul. Lamanya acara maksimal 2 jam saja supaya anak-anak tidak terasa bosan dan lelah. Biasanya bila mereka terlalu lama, anak khususnya batita akan rewel dan menangis. 
  •           Pernak-pernik Pesta
          Berburu pernak-pernik pesta anak memang mengasikkan, setidaknya 2 minggu sebelum acara bisa memungkinkan untuk mulai berbelanja. Semakin banyak waktu, kemungkinan mendapatkan barang yang sesuai dengan harga yang lebih murah semakin besar. Sediakan jumlah goody bag dan souvenir lebih banyak dari jumlah undangan yang disebar untuk berjaga-jaga supaya para tamu semuanya kebagian.
          Isi dari goody bag, pilih yang digemari anak tapi juga menyehatkan. Seperti paket ulang tahun Garudafood (lihat www.ultahku.com)  yang sudah dikemas cantik dan menyehatkan. Untuk souvenir, bisa aneka alat tulis, mug bergambar foto anak , kalender, dompet kecil, mainan, atau towel cake yang bisa anda buat sendiri (Caranya lihat di blok bagian recipe) atau boneka-boneka bikinan sendiri dari bahan kain flanel bisa jadi pilihan anda.
      


          Berburu Pinata. Apa itu Pinata? Permainan tersebut biasanya ditujukan untuk anak-anak pada acara pesta di sekolah, ulang tahun, atau perayaan lainnya. Pinata pada dasarnya adalah sebuah wadah kosong tertutup rapat yang terbuat dari kertas yang kuat dan bagian luarnya dihias dengan kertas warna-warni. Kemudian pinata tersebut diisi dengan berbagai barang kesukaan anak-anak, misal permen dan mainan berukuran kecil. Mengapa harus berukuruan kecil? Karena lobang untuk memasukkan benda-benda tersebut berukuran sangat kecil, sekitar diameter 3-4 centimeter, sehingga hanya permen dan mainan berukuran kecil yang bisa masuk ke dalam pinata. Kemudian pinata tersebut akan digantung di suatu tempat yang tinggi. Dengan menggunakan sebuah tongkat pemukul, secara bergiliran anak-anak dengan sekuat tenaga memukul pinata tersebut. Untuk membuat permainan menjadi lebih seru, sang pemukul biasanya akan ditutup matanya, dan pinata akan digerakkan naik-turun dengan menggunakan sebuah tali. Saat pinata itu pecah, anak-anak akan berebut untuk mengambil permen dan mainan yang jatuh berserakan.
          Bila Anda tak mempunyai keterampilan membuatnya, pesanlah pada party organizer supaya hasilnya tak mengecewakan. Pinata yang sudah jadi ada yang dijual di toko perlengkapan pesta ulang tahun anak. 
          Bila tak memungkinkan menghadirkan pinata dalam rumah, karena keterbatasan arena, seperti yang terjadi di rumah saya. Maka di ultah anak saya, Sabe (1thn) saya ganti dengan balon yang sebelumnya telah diisi beberapa kertas dan ditulis hadiah dalam kertas tersebut. Balon tersebut kemudian diletakkan di tengah ruangan. Setelah acara hampir usai, balon diletuskan. 


  •           Pembawa Acara
          Pembawa acara tentu memegang peranan penting untuk memeriahkan pesta ulang tahun. Tak harus menyewa MC dengan bayaran yang mahal. Yang penting bisa membawakannya secara luwes dan menghibur anak-anak. Bisa saudara, tetangga atau kakak sang adik. Sebaiknya memang jangan orangtua karena biasanya anak yang berulangtahun perlu ditemani ayah dan bundanya. Apalagi mereka juga sibuk menerima tamu dan menjaga si kecil supaya tidak rewel.

1 komentar: