Senin, 28 Maret 2011

Membuat Hidangan Ultah Sendiri

Membuat Cake Ulang Tahun si Kecil
dengan Oven Tangkring


           Ulang tahun tanpa roti tart? Tentunya terasa kurang afdol bila dalam momen ultah tidak disajikan, rasanya pasti ada yang kurang dalam suatu pesta. Namun bila biaya menjadi kendala. Mengapa tidak belajar untuk menyajikannya sendiri di rumah? Tak ada salahnya untuk mulai belajar, bahkan bagi pemula  seperti saya pun bisa melakukannya. 

           Namun berdasarkan pengalaman,  oven yang digunakan memang sangat menentukan kualitas cake. Biasanya pembuatan sponge cake tidak akan berhasil bila menggunakan otang alias "oven tangkring" atau orang Jawa bilang, "oven tongkrong". Meski tak menutup kemungkinan juga bisa menghasilkan cake yang bagus (tergantung dari kualitas oven dan cara mempelajari sifatnya), karena sekarang ada pula otang yang menggunakan bahan yang berkualitas. Yang jelas, pelajari lebih dulu oven yang akan digunakan. Bila menggunakan otang, perlu trik juga untuk memindah kue agar hasilnya bisa cokelat merata sedangkan untuk oven bertemperatur hanya cukup untuk memastikan suhu yang diminta dan menyetel timer dengan tepat. 

         Bila oven yang dipakai adalah otang sederhana (tanpa temperatur) maka untuk menghindari resiko terjadinya kegagalan dalam membuat cake. Ada pilihan lain, yaitu membuat butter type cake yaitu pembuatan cake dengan mengocok mentega/margarin bersama gula terlebih dahulu, seperti resep pada victorian cake. Sangat cocok bagi para pemula karena resiko kegagalannya sangat kecil. 

            Jangan lupa untuk melakukan pengetesan setelah cake berwarna coklat dengan tusuk sate atau tusuk gigi. Bila bekas tusukan terlihat masih basah oleh adonan, berarti kue belum matang. 

             Waspadai juga bagian atas kue, lapisan kulit kue dibawahnya seringkali masih basah. Bila terdengar bunyi nyes-nyes atau desisan, artinya belum matang sempurna. Letakkan loyang di bagian rak atas supaya cepat matang. Atau bagi yang menggunakan oven bertemperatur, bisa mengopennya pada api atas. 

           
           

Victorian Cake
Cake yang satu ini memang tak sehalus sponge cake karena teksturnya memang lebih padat, namun konon merupakan cake kegemaran Ratu Victoria saat acara minum teh. Pembuatannya sangat mudah dan hasilnya juga lezat. Biasanya juga bisa digunakan untuk kue ulang tahun.

Bahan Dasar :
250 grm tepung terigu
250 grm telur (biasanya 4 butir telur)
200 grm gula pasir
250 grm mentega
1 sdt BP (Baking Powder)
Cara Pembuatan:
  1. Panaskan oven 180° derajat Celsius
  2. Kocok mentega dan gula pasir sampai lembut (memutih). 
  3. Satu butir telur dimasukkan lalu dikocok sampai tercampur. Kemudian tambahkan satu lagi, begitu seterusnya. Yang patut diingat, telur berikutnya tak boleh dimasukkan bila telur sebelumnya belum tercampur rata dengan mentega.
  4. Bila adonan terlihat terpisah artinya margarin tidak menyatu dengan telur, masukkan 1 sendok makan tepung terigu. Kocok kembali sampai teksturnya benar-benar telah menyatu. Tambahkan telur satu persatu sambil terus dikocok rata
  5. Setelah semua telur dimasukkan dan adonan telah menyatu maka masukkan tepung terigunya.
  6. Tuang adonan ke loyang bulat diameter 20cm tinggi 7 cm yang sudah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Oven 50 menit sampai matang.

Bila mana ingin tekstur kue yang lebih halus maka ada resep lain untuk dicoba sebagai berikut
Cake Sederhana
Bahan : 
6 butir telur
125 gram gula pasir
100 gram tepung terigu protein rendah
25 gram maizena
25 gram susu bubuk
1 sendok makan air dingin
100 gram margarine, dilelehkan  ( cara melelehkan margarine adalah asal leleh saja (ditim) atau dengan api kecil dan jangan terlalu lama supaya hasil kue tidak bantat)
Cara membuat:
  1. Panaskan oven 180° derajat Celsius
  2. Kocok telur, gula dan emulsifier sampai mengembang biasanya 20 menit (tergantung kecepatan mikser)
  3. Masukkan tepung terigu, susu bubuk dan maizena sambil diayak dan diaduk rata
  4. Masukkan air dan margarine cair. Aduk pelahan
  5. Tuang ke loyang bulat diameter 22 tinggi 7 cm yang sudah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Oven 50 menit sampai matang

Pembuatan Butter Cream
Bahan :
400 gram mentega putih
50 gram margarine
300 gram tepung gula yang sudah diayak
Cara membuat :
  1. Kocok mentega putih dan margarine 10 menit sampai lembut
  2. Tambahkan tepung gula sedikit-sedikit sambil dikocok rata
  3. Kocok lagi sampai lembut
Sebagai hiasan butter cream, tinggal bagi butter cream sesuai dengan warna yang dikehendaki.

          
            Untuk Ultah Anak Cake Sponge Bob
Bahan :
  • Cake sederhana 2 resep untuk karena untuk ukuran loyang ukuran 30x30x7cm
  • 2 resep butter cream
  • Pewarna kuning tua, oranye, biru, merah muda, merah dan cokelat. Sisakan pula butter cream putihnya
  • Beberapa buah piping bag untuk buttercream 
  • Spuit bintang kecil
  • Karton tebal untuk membentuk tangan dan kakinya
Cara pembuatan :
  1. Oleskan seluruh bagian kue dengan butter cream kuning secara tidak rata menggunakan pisau oles
  2. Buat gambar mata, hidung, mulut, dan dasi sponge bob dengan menggunakan tusuk gigi (Membuat pola bisa mempermudah kita memperkecil kesalahan dalam menggambar)
  3. Semprotkan butter cream cokelat dengan menggunakan spuit bintang kecil di ¼ bagian bawah
  4. Semprotkan bagian tengah badan sponge bob dengan mengguanakan butter cream  putih menggunakan spuit bintang kecil
  5. Tempelkan kaki dan tangan pada sisi samping dan bawah badan sponge bob. Semprotkan juga menggunakan spuit bintang kecil.
  6. Buat garis bibir, mata, dan hidung menggunakan spuit polos kecil dengan warna cokelat
  7. Isi juga mata sponge bob dengan warna putih, biru dan cokelat menggunakan spuit bintang kecil
  8. Buat juga dasi sponge bob dengan warna merah menggunakan spuit bintang kecil. 
Nah, ternyata membuat kue ulang tahun mudah juga bukan, namun ada juga yang mempengaruhi kesuksesan dalam membuat sebuah cake, seperti : 
  • Pilihan bahan baku, tepung yang berkualitas sangat mempengaruhi hasil tekstur cake tersebut. Biasanya untuk cake, pilih yang berprotein rendah seperti tepung terigu cap segitiga atau pita merah. Ayaklah tepung ketika memasukkannya dalam adonan agar tidak menggumpal. Gumpalan tepung sangat susah untuk berbaur dengan adonan yang lain sehingga ketika kue jadi, tampak gumpalan-gumpalan mentah berwarna putih.
  • Pastikan kualitas telur. Usia telur mempengaruhi cake. Makin segar, makin sempurna hasilnya.
  • Pencairan mentega/margarin sebaiknya dilakukan sesaat sebelum dimasukkan dalam adonan karena mentega/margarin yang dibiarkan kelamaan, akan terpisah lemak dan cairannya hingga susah berbaur, kue pun jadi bantat. O'ya, bisa juga menggantinya dengan minyak goreng meskipun rasanya tidak sekaya dan seharum mentega/margarin
  • Cake yang sudah jadi, harus didinginkan lebih dahulu supaya isi atau penutup kue (butter cream) tidak meleleh saat dioleskan diatasnya. Lebih baik buat semalam sebelumnya, tutup dalam wadah plastik yang kedap udara.
  • Pilih pisau yang tajam saat membelah kue agar remahan kue tidak mengotori hiasannya 
  • Untuk melicinkan buttercream, celupkan pisau ke dalam air panas. lap dengan serbet sampai kering. Sapukan di atas kue. Hawa panas pisau tadi akan membuat krim lebih lembut dan licin.
 
     

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar