Selasa, 05 April 2011

Yang Perlu dilakukan bila Anak Rewel

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan anak / bayi menjadi rewel: sakit, lapar, ngantuk dan sebagainya.Bagimana tips menghadapinya?

  • Jika karena anak sedang sakit, berikan banyak perhatian karena saat sakit, ia membutuhkan perhatian lebih. Cari  penyebab sakitnya, kalau malam tiba-tiba rewel mungkin kaki atau tangan sakit karena digigit nyamuk, segera berikan obat begitu juga dengan gejala sakit yang lain. Jika anak masih saja rewel, Anda dapat bercerita, memberikan pijitan lembut, agar anak merasa nyaman.
  • Jika anak rewel pada jam-jam tidur, kemungkinan besar karena ia mengantuk. Oleh karena itu, tenangkan anak dan ajak ia tidur.
  • Jika anak rewel pada jam tidur, tetapi ia tidak juga mau tidur, serba salah meskipun sudah digendong dan ditenangkan, mungkin anak merasakan capek setelah main seharian. Untuk menghadapi kondisi seperti ini Anda harus lebih sabar.
  • Rewel dapat juga disebabkan karena anak terlalu dimanja. Saat Anda meninggalkan anak, ia merasa tidak terima dan rewel. Cara mengatasinya: berikan penjelasan kalau Anda akan kembali. Jika masih rewel mungkin Anda harus tegas, karena tidak semua keinginan anak harus dituruti. Tegas disini bukan dengan kekerasan tentunya. Disamping itu Anda juga mengajarkan anak mandiri sejak dini.
  • Saat anak rewel berada di tempat yang baru (mungkin ia merasa tidak nyaman atau cemas dengan suasana baru), atasi kecemasan itu, berikan kenyamanan dengan mengajak bicaral atau alihkan ke hal lain misalnya melihat hal yang menarik untuknya.
  • Ketika anak rewel, hindari memarahi atau bersikap tidak sabar. Biarkan ia menyampaikan perasaan tidak enaknya untuk beberapa saat sampai akhirnya ia merasa puas. Memarahinya justru tidak akan menyelesaikan masalah karena emosi anak menyebabkan rewelnya bisa semakin menjadi-jadi.
  • Dalam menghadapi anak yang rewel, Anda harus pandai mengenali karakter masing-masing anak. Jika pada dasarnya anak mudah rewel di pagi hari, maka mesti diciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar